Pengaruh Dimensi Service Quality Berbasis Teori Faye Abdellah Terhadap Mutu Layanan Asuhan Keperawatan
Keywords:
Service Quality, Asuhan Keperawatan, Mutu, LayananAbstract
Rumah sakit harus berupaya memberikan layanan keperawatan yang berkualitas tinggi untuk meningkatkan kepuasan pasien karena keperawatan merupakan bagian penting dari layanan kesehatan. Tingginya tuntutan masyarakat akan layanan kesehatan harus diimbangi dengan peningkatan kualitas layanan keperawatan. Tujuan menganalisis pengaruh dimensi service quality berbasis teori faye abdellah terhadap mutu layanan asuhan keperawatan di RSUD Mitra Sehat Kabupaten Minahasa Tenggara. Metode Penelitian ini menggunakan desain Quasy experiment dengan pendekatan pre post with control group design. Total sampel pada penelitian 30 responden. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non- total sampling. Instrument yang di gunakan kuesioner dan module dan uji analisis data menggunakan Paired t-test, Independent t-test. Hasil hasil analisis menunjukkan p value <0,05, dengan nilai Pengkajian (0,000), Diagnosa Keperawatan (0,000), Perencanaan Keperawatan (0,000), Pelaksanaan Keperawatan (0,000), dan Evaluasi Keperawatan (0,000). Kesimpulan Rumah Sakit terus meningkatkan pelayanan dan asuhan keperawatan melalui pelatihan keperawatan yang pasien dan keselamatan pasien lebih dari yang mereka harapkan, sehingga pasien lebih puas. berpusat pada kebutuhan pasien. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar pasien dan keselamatan pasien lebih dari yang mereka harapkan, sehingga pasien lebih puas.