Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruangan Anggrek 1 RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou, Manado
Keywords:
mutu, pelayanan, layanan, keperawatan, kepuasan, pasien rumah sakitAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruangan Anggrek 1 RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou, Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian terdiri dari 30 responden yang merupakan keluarga pasien yang dirawat di ruangan tersebut. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang mencakup dimensi mutu pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman untuk mengevaluasi hubungan antara variabel mutu pelayanan keperawatan dan tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi mutu pelayanan keperawatan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) dengan tingkat kepuasan pasien. Implikasi temuan ini adalah pentingnya menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan guna memaksimalkan tingkat kepuasan pasien di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou, Manado.