Hubungan Pengetahuan Mengenai Covid-19 dengan Tingkat Stres Pada Siswa SMK Negeri 1 Modoinding
Keywords:
Pengetahuan, Stres , Siswa , Covid-19 , PandemiAbstract
Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk meningkatkan tingkat stres pada individu. Pengetahuan yang kurang mengenai COVID-19 dapat menjadi faktor penyebab stres, termasuk pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara pengetahuan mengenai COVID-19 dengan tingkat stres pada siswa SMK Negeri 1 Modoinding. Desain cross- sectional digunakan untuk mengumpulkan data dari 37 siswa dari total populasi sebanyak 39 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang kurang baik tentang COVID-19 (64,9%) dan mengalami tingkat stres yang berat (59,5%). Analisis statistik menggunakan uji chi-squared menghasilkan nilai ρ- value sebesar 0,000, lebih kecil dari nilai α = 0,05, menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan mengenai COVID-19 dengan tingkat stres pada siswa SMK Negeri 1 Modoinding. Temuan ini menyoroti pentingnya pendidikan yang komprehensif tentang COVID-19 dalam mengurangi tingkat stres pada siswa, serta menekankan perlunya dukungan dan sumber daya tambahan untuk mengelola stres selama masa pandemi.